Selasa, 11 Mei 2010

DEADLINE KONTES RENCANA BISNIS DIPERPANJANG - Senin 31 Mei Pukul 12 Siang


DEADLINE EXTENDED - SENIN 31 MEI JAM 12 SIANG (Kontes Rencana Bisnis Kreatif)

Ayo sebarkan informasi ini ke teman-teman dan kenalan kamu!

Kamu Pelajar SMU/sederajat atau Mahasiswa atau Kaum Muda (usia maksimal 35 tahun)?

Ikuti Kontes Kreatif - PPKI 2010! Hadiah utama 25 JUTA rupiah dan PINJAMAN MODAL USAHA dan MENTORING dari pebisnis ternama (untuk Kontes Rencana Bisnis) dan laptop MacBook Pro (untuk Kontes Desain)!

Kontes ini diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan (situs BPEN Kemendag bisa dilihat disini dan Portal Indonesia Kreatif bisa dilihat disini) sebagai Panitia Konvensi Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) 2010. Acara PPKI ini merupakan acara tahunan dan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia.

Klik disini untuk memperoleh formulir pendaftaran dan ringkasan aturan Kontes Rencana Bisnis Kreatif (seperti tertera di blog ini). Batas waktu pengiriman diundur jadi 30 Mei 2010!

Dewan Juri Kontes Rencana Bisnis Kreatif antara lain adalah Betti Alisjahbana (QB Indonesia), Iim Fahima (Virtual Consulting), Kemal Gani (Majalah SWA), Dwi Larso (CIEL SBM ITB), dan tentunya dari Kementerian Perdagangan.

Klik disini juga untuk memperoleh formulir pendaftaran dan disini untuk memperoleh ringkasan aturan Kontes Desain Kemasan dan Merek. Batas waktu 11 Juni 2010!

Email ke konteskreatif@gmail.com untuk informasi lebih lanjut tentang Kontes Kreatif ya. Untuk inspirasi, klik Portal Indonesia Kreatif atau situs BPEN Kementerian Perdagangan.

Kalau kamu mau, kamu bisa ikut di kedua kontes kreatif ini, ayo tunjukkan kemampuanmu!

Jumat, 07 Mei 2010

PERSYARATAN PESERTA - Kontes Rencana Bisnis Kreatif

KATEGORI PESERTA
Kontes ini merupakan suatu proses pembelajaran dan titik tinggal landas bagi mereka yang memang serius untuk memulai usaha di bidang industri kreatif. Peserta akan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:
1 - Pelajar SMU/SMK/sederajat
2 - Mahasiswa (D-1 sampai dengan S-1)
3 - Umum (usia maksimal 35 tahun)


PERSYARATAN PESERTA
Peserta dapat mendaftar seorang diri ataupun dalam tim. Satu tim maksimal terdiri dari 3 orang peserta dalam kategori yang sama.

Pelajar SMU/sederajat dan mahasiswa tidak boleh mendaftar dalam kategori Umum.

Peserta yang boleh mendaftar dalam kategori ‘Pelajar’ harus merupakan pelajar aktif di SMU atau pendidikan sederajat. Peserta dalam satu tim boleh berasal dari sekolah yang berbeda.

Peserta yang boleh mendaftar dalam kategori ‘Mahasiswa’ harus merupakan mahasiswa aktif sebuah perguruan tinggi, mulai dari jenjang Diploma 1 (D-1) hingga Sarjana (S-1). Peserta dalam satu tim boleh berasal dari perguruan tinggi yang berbeda.

Mahasiswa tingkat pascasarjana dan jenjang berikutnya hanya boleh mendaftar di kategori ‘Umum’, selama memenuhi kriteria usia maksimal 35 tahun.

Kategori ‘Umum’ dapat diikuti oleh semua kalangan yang tidak termasuk dalam dua kategori lainnya, selama memenuhi persyaratan usia.

Peserta dapat berkonsultasi dengan siapapun, baik wirausahawan, peneliti, maupun eksekutif yang bergerak di bidang industri kreatif.

Satu orang peserta tidak diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam lebih dari satu tim karena beberapa alasan, antara lain menghindari konflik kepentingan, dan menghindari persepsi kurangnya komitmen terhadap salah satu rencana bisnis. Persepsi ini dapat timbul pada dewan juri jika ada peserta yang berpartisipasi lebih dari satu tim.


ATURAN PESERTA
Peserta dalam satu tim berjumlah 1 – 3 orang.

Peserta kategori ‘Pelajar’ dan ‘Mahasiswa’ harus melampirkan KTP dan/atau Kartu Pelajar/Mahasiswa yang masih berlaku ataupun Surat Keterangan dari Sekolah/Perguruan Tinggi pada tahap semifinal.

Peserta kategori ‘Umum’ hanya diharuskan melampirkan KTP pada tahap semifinal.

Setidaknya satu anggota tim harus hadir pada saat semifinal dan final. Ketidakhadiran akan mengakibatkan diskualifikasi.

Peserta harus menghadiri lokakarya rencana bisnis yang diadakan saat konvensi.

Peserta diharuskan hadir tepat waktu dalam semua kegiatan.

ATURAN KONTES - Kontes Rencana Bisnis Kreatif

BIAYA KONTES
Tidak ada biaya pendaftaran.
Apabila terpilih sebagai tim semifinalis dan finalis, maka peserta menanggung sendiri biaya perjalanan dan akomodasi selama kegiatan penjurian.


TATA CARA PENDAFTARAN
Setiap tim hanya boleh memasukkan satu rencana bisnis.
Peserta harus menepati semua tenggat waktu yang telah ditetapkan.
Peserta yang memberikan data yang tidak benar akan didiskualifikasi.
Juri berhak untuk mendiskualifikasi peserta.


ATURAN IDE BISNIS
Ide rencana bisnis berupa usaha di ke-14 subsektor industri kreatif di Indonesia (Fesyen; Pasar Seni dan Barang Antik; Permainan Interaktif; Film, Video, dan Fotografi; Kerajinan; Musik; Desain; Periklanan; Televisi dan Radio; Seni Pertunjukan; Riset dan Pengembangan; Layanan Komputer dan Piranti Lunak; Penerbitan dan Percetakan; Arsitektur).

Ide bisnis diutamakan yang mengangkat ciri khas budaya Indonesia.

Anggaran dari rencana bisnis yang diajukan tidak boleh melebihi Rp 50.000.000,-.

Rencana bisnis yang diberikan ke Panitia harus merupakan ide asli dari peserta, dan belum pernah memenangkan kontes atau penghargaan serupa.

Rencana bisnis bisa berupa ide wirausaha kreatif yang sama sekali baru dan belum pernah dilaksanakan peserta, atau bisa juga berupa ide baru untuk menghidupkan kembali kegiatan wirausaha yang sudah sempat berjalan namun sedang vakum.

Tim harus memaparkan besarnya pembiayaan atau modal yang sudah dimiliki pada saat pendaftaran kontes, apabila ide bisnis yang diajukan sudah berhasil mendapatkan modal.

Setiap tim tidak dibenarkan untuk menerima dana kelembagaan apapun untuk gagasan yang disajikan (contoh: tim tidak dapat menjual saham kepada siapa pun di luar tim).

Tim tidak boleh menerima dana non-institusional apapun lebih dari Rp 10.000.000,- dari pendanaan non-kelembagaan termasuk kontes, hibah, teman-teman dan keluarga, pinjaman bank, dan lainnya dimana tidak ada kepemilikan ekuitas yang terkait dengan pendanaan.

Ada bentuk-bentuk pendanaan yang mungkin termasuk ke dalam wilayah abu-abu. Dalam kasus ini, Panitia akan meninjau secara teliti kasus tersebut. Keputusan Panitia bersifat mutlak dan peserta tidak dapat mengajukan banding.

Rencana bisnis yang diajukan harus dapat diimplementasikan secara nyata dalam satu tahun.


RUANG LINGKUP IDE BISNIS
Ide bisnis yang disampaikan harus berupa produk atau jasa yang termasuk ke dalam 14 Subsektor Industri Kreatif Indonesia:
Fesyen
Pasar Seni dan Barang Antik
Permainan Interaktif
Film, Video, dan Fotografi
Kerajinan
Musik
Desain
Periklanan
Televisi dan Radio
Seni Pertunjukan
Riset dan Pengembangan
Layanan Komputer dan Piranti Lunak
Penerbitan dan Percetakan
Arsitektur

KERAHASIAAN DAN HKI - Kontes Rencana Bisnis Kreatif

KERAHASIAAN
Orang yang berhak untuk melihat rencana bisnis yang diberikan ke panitia hanya tim juri yang diberi wewenang untuk melakukan penilaian. Tim juri terdiri dari para profesional yang secara reguler berhadapan dengan informasi rahasia dalam pekerjaan keseharian mereka. Tim juri harus memperlakukan rencana bisnis yang masuk ke Panitia dengan perlakuan yang sama dengan dokumen yang sering ditangani. Juri harus mengundurkan diri apabila memiliki konflik kepentingan dalam kontes ini.

Ide yang dikemukakan dalam formulir pendaftaran dapat digunakan sebagai dokumen publik terkait acara kontes ini. Tim peserta dapat menandai rencana bisnisnya dengan kata "rahasia" untuk menjamin kerahasiaan informasi yang diinginkan.

HAK ATAS KEKAYAAN INTELEKTUAL
Sebelum memasukkan rencana bisnis, Panitia Kontes Rencana Bisnis PPKI 2010 menganjurkan peserta untuk menghubungi konsultan legal terkait masalah HKI agar rencana bisnis para peserta terlindungi. Panitia Kontes Rencana Bisnis 2010 juga menyarankan agar peserta memeriksa apakah dalam rencana bisnisnya terdapat HKI berupa teknologi, penemuan, hak cipta, atau kekayaan properti lainnya milik orang lain.

TAHAPAN DAN TENGGAT WAKTU - Kontes Rencana Bisnis Kreatif

Kontes Rencana Bisnis Kreatif diadakan dalam 3 tahapan, yaitu Penyisihan, Semifinal, dan Final.

Batas waktu pemasukan rencana bisnis kreatif (2 halaman) untuk babak Penyisihan adalah Minggu, 30 Mei 2010 melalui email ke konteskreatif@gmail.com. Pengumuman peserta yang lolos ke tahap semifinal akan dilaksanakan pada awal Juni 2010.

Peserta yang terpilih masuk ke tahap Semifinal (10 tim per kategori) akan diminta melengkapi rencana bisnis kreatif (10 halaman) dan menghadiri penjurian di Jakarta pada pertengahan Juni 2010.

Peserta yang terpilih masuk ke tahap Final (4 tim per kategori) akan diminta menghadiri Lokakarya Rencana Bisnis Kreatif dan acara puncak Kontes Rencana Bisnis Kreatif di Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 25 dan 26 Juni 2010. Finalis akan mempresentasikan rencana bisnis mereka di hadapan dewan juri dan pengunjung.

Keterangan lebih lanjut mengenai setiap tahapan kontes akan dibahas di posting berikutnya.

TAHAP PENYISIHAN - Kontes Rencana Bisnis Kreatif

Pada babak penyisihan ini, peserta memasukkan formulir pendaftaran dan proposal rencana bisnis kreatif secara singkat (maksimal 2 halaman) melalui surat elektronik (email) ke konteskreatif@gmail.com.

PERSYARATAN KELENGKAPAN DOKUMEN PESERTA
Peserta diwajibkan mengisi dan melengkapi dokumen sebagai berikut:
Formulir Pendaftaran untuk mengikuti Kontes Rencana Bisnis Kreatif 2010, yang berisi data anggota dan juga template Rencana Bisnis Singkat, yang berisikan:
Deskripsi singkat mengenai produk/jasa kreatif yang ditawarkan
Tujuan dan alasan memilih produk/jasa bidang kreatif yang dimaksud
Metode dan Rencana Pemasaran
Perkiraan Kebutuhan SDM
Perkiraan Kebutuhan Modal (maksimal 50 juta) dan Proyeksi Keuntungan

Dokumen dikirimkan melalui surat elektronik (judul email 'Penyisihan Kontes Rencana Bisnis PPKI 2010') ke panitia dengan memenuhi persyaratan dan kelengkapan sebagai berikut:

FORMULIR PENDAFTARAN dalam bentuk Microsoft Word (doc) atau Adobe Acrobat (pdf) dengan ukuran file maksimal sebesar 500 KB. Simpan file dengan judul ‘Nama Ide Bisnis Anda – Formulir Pendaftaran'. Rencana bisnis Anda bisa juga dituliskan dalam formulir ini mengikuti template yang ada. Selain itu, Anda juga bisa membuat rencana bisnis pada file terpisah (maksimal 2 halaman) dengan ketentuan berikut.

RENCANA BISNIS SINGKAT dalam bentuk Microsoft Word (doc) atau Adobe Acrobat (pdf) dengan ukuran file maksimal sebesar 1 MB. Rencana bisnis dibuat dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar pada kertas ukuran A4, margin sedang, spasi 1, dan tipe huruf Arial 10 sebanyak maksimal 2 halaman. Simpan file dengan judul ‘Nama Ide Bisnis Anda – Rencana Bisnis Singkat'.


TENGGAT WAKTU
Batas pengumpulan seluruh dokumen Selasa, 30 Mei 2010 pukul 24.00 WIB melalui surat elektronik (email)ke konteskreatif@gmail.com.

KRITERIA PENILAIAN
Dalam babak penyisihan, kriteria yang harus dipenuhi adalah bahwa ide bisnis yang ditawarkan berkaitan dengan ke-14 subsektor Industri Kreatif di Indonesia (Fesyen; Pasar Seni dan Barang Antik; Permainan Interaktif; Film, Video, dan Fotografi; Kerajinan; Musik; Desain; Periklanan; Televisi dan Radio; Seni Pertunjukan; Riset dan Pengembangan; Layanan Komputer dan Piranti Lunak; Penerbitan dan Percetakan; Arsitektur) dan modal di bawah 50 juta Rupiah.

Kriteria penilaian utama beserta bobotnya sebagai berikut:
Inovasi Ide Produk/Jasa atau Creativity, sebesar 30%
Kejelasan Penyampaian Ide Bisnis atau Clarity, sebesar 50%, yang terdiri dari aspek:
o Deskripsi Produk/Jasa (15%)
o Metode Pemasaran (15%)
o Perkiraan Kebutuhan SDM (10%)
o Perkiraan Kebutuhan Modal dan Proyeksi Keuangan (10%)
Pemanfaatan kearifan budaya lokal Indonesia atau Culture, sebesar 20%

Selain itu, kriteria tambahan apabila ada penilaian yang sama antara dua atau lebih tim antara lain yang akan diutamakan adalah rencana bisnis yang belum mendapatkan modal sama sekali dan mempunyai kejelasan misi atau tujuan sosial.

Juri akan memilih 10 tim dari setiap kategori untuk masuk ke semifinal. Juri juga akan memilih 3 tim cadangan untuk setiap kategori, dimana tim tersebut akan dapat masuk tahap semifinal apabila ada tim yang mengundurkan diri. Oleh karena itu, tim tersebut juga diminta memasukkan rencana bisnis lengkap sebagaimana 10 semifinalis.

JADWAL KEGIATAN
Minggu, 30 Mei 2010, 24.00
Batas Waktu Pendaftaran dan Pemasukan Rencana Bisnis.

Awal Juni 2010
Pengumuman Semifinalis di website, serta melalui telepon kepada tim yang lolos.

HADIAH
Belum ada hadiah di tahapan ini. Apabila ada rencana bisnis yang menarik, namun secara keseluruhan tidak memenuhi syarat, maka rencana bisnis ini bisa jadi dipertimbangkan untuk diajukan ke lembaga pembiayaan.

TAHAP SEMIFINAL - Kontes Rencana Bisnis Kreatif

Pada babak semifinal, tim peserta terpilih (termasuk cadangan) akan diminta untuk memasukkan proposal rencana bisnis kreatif yang lebih lengkap (maksimal 8 halaman) melalui surat elektronik (email).

PERSYARATAN KELENGKAPAN DOKUMEN PESERTA
Peserta harus mengirimkan dokumen berupa Proposal Rencana Bisnis Lengkap dengan format sebagai berikut:
Pendahuluan (Executive Summary) berisi penjelasan singkat mengenai ide bisnis secara umum.
Analisis Produk/Jasa (Brand Analysis) berisi analisis pasar berdasar data riset konsumen, SWOT, dan segmentasi konsumen (STP).
Rencana Pemasaran (Marketing Plan) berisi analisis Marketing Mix dan Strategi Pemasaran.
Rencana SDM (People Plan) berisi analisis kebutuhan manusia dan struktur organisasi.
Rencana Keuangan berisi Perkiraan Modal (maksimal Rp 50.000.000,-), Proyeksi Keuangan 5 Tahun (Cash Flow), Analisis Resiko, Model Pembiayaan, dan Analisis Keuangan lain seperti Analisis Rugi-Laba (Income Statement), Neraca Keuangan, perhitungan ROI, BEP, dan lain-lain.
Rencana Pengembangan Produk (Product Development Plan).

Dokumen dikirimkan melalui surat elektronik (judul email ‘Semifinal Kontes Rencana Bisnis PPKI 2010’) ke panitia dengan memenuhi persyaratan dan kelengkapan sebagai berikut:
Proposal Rencana Bisnis Lengkap dikirimkan dalam bentuk Microsoft Word (doc) atau Adobe Acrobat (pdf) dengan ukuran file maksimal sebesar 1 MB. Simpan file dengan judul ‘Nama Ide Bisnis Anda’ – Semifinal Kontes Rencana Bisnis PPKI 2010. Proposal dibuat dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar pada kertas ukuran A4, margin sedang, spasi 1, dan tipe huruf Arial 10 sebanyak maksimal 8 halaman.
Curriculum Vitae dari masing-masing anggota tim (CV per orang maksimal 2 halaman). Simpan file dengan judul CV ‘Nama Anda’ – Semifinal Kontes Rencana Bisnis PPKI 2010.
Hasil scan dari Fotokopi KTP atau Surat Keterangan Pelajar/Mahasiswa dari sekolah/perguruan tinggi, khusus untuk kategori ‘Pelajar’ dan ‘Mahasiswa’. KTP ataupun surat keterangan bisa juga disampaikan melalui faximile apabila diinginkan. Simpan file dengan judul KTP ‘Nama Anda’ – Semifinal Kontes Rencana Bisnis PPKI 2010.


TENGGAT WAKTU
Batas pengumpulan seluruh dokumen adalah pada hari Sabtu, 12 Juni 2010 pukul 24.00 WIB melalui surat elektronik (email).


KRITERIA PENILAIAN
Kriteria penilaian utama beserta bobotnya pada babak semifinal ini adalah sebagai berikut:
•Inovasi Produk/Jasa dan Rencana Pengembangan Produk (20%)
•Inovasi dan Analisis Rencana Pemasaran (20%)
•Ketepatan dan Analisis Rencana SDM (20%)
•Ketepatan dan Analisis Rencana Keuangan (20%)
•Feasibility Rencana Bisnis (20%)

Kriteria tambahan apabila ada nilai yang sama adalah:
•Pemanfaatan kearifan budaya lokal Indonesia atau aspek Culture.


SISTEM PENJURIAN

Penjurian akan dilakukan dalam satu tahap, yaitu Tanya Jawab dengan Panel Juri di 5 Aspek Penilaian pada satu hari Penjurian. Tanya Jawab akan berlangsung selama 10 menit untuk setiap tim, dan setiap tim harus melewati kelima meja penjurian.


JADWAL KEGIATAN (tentatif)

Minggu, 13 Juni, 24.00 Batas Waktu Pengumpulan Rencana Bisnis Lengkap
Selasa, 15 Juni, 09.00 Penjurian Paralel (5 Meja) di Kementerian Perdagangan
Kamis, 17 Juni, 10.00 Pengumuman Finalis


HADIAH
Semifinalis yang tidak terpilih masih dimungkinkan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh bantuan pinjaman dana dari lembaga keuangan yang bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan. Di samping itu, semifinalis pun diikutsertakan dalam pemilihan penghargaan khusus untuk Kategori Terbaik.

TAHAP FINAL - Kontes Rencana Bisnis Kreatif

Pada babak final, tim peserta terpilih akan diminta untuk menyempurnakan proposal rencana bisnis kreatif dan membuat file presentasi yang akan dipresentasikan di depan publik dan juri di hari konvensi selama total 30 menit.

PERSYARATAN KELENGKAPAN DOKUMEN PESERTA
Finalis harus menghadiri lokakarya rencana bisnis saat konvensi dan juga mengirimkan dokumen berupa:
•Revisi Rencana Bisnis Lengkap
•File Presentasi
•Lembar Konfirmasi

Dokumen dikirimkan melalui surat elektronik ke panitia (judul email ‘Final Kontes Rencana Bisnis PPKI 2010’) dengan persyaratan sebagai berikut:
Proposal Rencana Bisnis dikirimkan dalam bentuk Microsoft Word (doc) atau Adobe Acrobat (pdf) dengan ukuran file maksimal sebesar 3 MB. Proposal dibuat dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar sebanyak maksimal 12 halaman.
File presentasi dibuat dengan Power Point (ppt) sebanyak maksimal 20 halaman. Dokumen presentasi harus termasuk 1 slide judul yang memuat nama produk/jasa, nama tim, nama anggota tim, dan logo perusahaan. Dokumen presentasi harus menggunakan slide ukuran standar (default). Dokumen presentasi boleh menggunakan tema dan warna apapun tetapi substansi harus dapat terbaca saat dokumen dicetak hitam putih.

Peserta yang berdomisili di Jabodetabek dan Bandung juga diharapkan untuk dapat membawa setidaknya 5 orang pendukung/suporter tim saat presentasi final.


TENGGAT WAKTU
Batas pengumpulan seluruh dokumen adalah pada hari Rabu, 23 Juni 2010 pukul 24.00 WIB melalui surat elektronik (email).


KRITERIA PENILAIAN
Waktu presentasi adalah selama 15 menit diikuti Tanya Jawab selama 10 menit, dengan termasuk waktu persiapan selama 5 menit. Total waktu presentasi adalah 30 menit.

Kriteria penilaian utama beserta bobotnya pada babak final ini adalah sebagai berikut:
•Inovasi dan Kreativitas (30%)
•Penyampaian Presentasi (20%)
•Materi Presentasi (20%)
•Kemampuan Menjawab Pertanyaan (10%)
•Penampilan (10%)
•Ketepatan Waktu (10%)


JADWAL KEGIATAN
Pelaksanaan final kegiatan hari Sabtu, 26 Juni 2010 di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center.

UPDATE HADIAH - Kontes Rencana Bisnis Kreatif

Hadiah yang disiapkan panitia untuk setiap kategori adalah:
Pemenang Utama dari seluruh kategori – Rp 25.000.000,-
Pemenang Pertama dari satu kategori – Rp 5.000.000,-
Pemenang Kedua dari dua kategori – Rp 2.500.000,-
Hadiah Hiburan bagi Finalis Non Pemenang – Rp 1.000.000,-

Di samping hadiah berupa uang, pemenang dapat memperoleh hal-hal berikut:
Pendampingan oleh mentor dari praktisi bisnis terkenal atau pusat pembinaan UKM dari mitra dari instansi pemerintah/universitas. Mentor akan mengadakan konsultasi rutin dengan setiap tim finalis untuk membantu realisasi rencana bisnis dalam satu tahun.
Pelatihan yang terkait dengan pengembangan kemampuan wirausaha.
Sertifikat sebagai pemenang kontes dimaksud.

Selain itu, panitia juga akan memberikan penghargaan non-finansial berupa sertifikat kepada semua finalis dan juga sertifikat khusus bagi tim yang mendapatkan penghargaan di beberapa kategori, antara lain:
•Ide Bisnis Paling Kreatif
•Rencana Pemasaran Terbaik
•Rencana Keuangan Terbaik
•Rencana SDM dan Operasional Terbaik
•Presentasi Terbaik

FORMULIR PENDAFTARAN - Kontes Rencana Bisnis Kreatif

Silakan email ke konteskreatif@gmail.com atau unduh disini untuk memperoleh formulir pendaftaran dan ringkasan aturan Kontes Rencana Bisnis Kreatif (seperti tertera di blog ini).

Kamis, 06 Mei 2010

PERSYARATAN PESERTA - Kontes Desain Kemasan dan Merek Makanan/Minuman Olahan Khas Indonesia

KATEGORI PESERTA
Peserta akan dibagi menjadi 2 (dua) kategori, yaitu:
1 - Pelajar SMA/SMK/sederajat
2 - Mahasiswa / Umum (usia maksimal 35 tahun)


PERSYARATAN PESERTA
Peserta dapat mendaftar seorang diri ataupun dalam tim. Satu tim maksimal terdiri dari 3 orang peserta dalam kategori yang sama.

Pelajar SMA/sederajat dan mahasiswa tidak boleh mendaftar dalam kategori Umum.

Peserta yang boleh mendaftar dalam kategori ‘Pelajar’ harus merupakan pelajar aktif di SMA atau pendidikan sederajat yang dibuktikan dengan identitas berupa kartu pelajar. Peserta dalam satu tim boleh berasal dari sekolah yang berbeda.

Peserta yang boleh mendaftar dalam kategori ‘Mahasiswa / Umum’ dapat diikuti oleh semua kalangan yang tidak termasuk dalam kategori pelajar SMA/Sederajat, selama memenuhi persyaratan usia. Peserta dalam satu tim boleh berasal dari latar belakang yang berbeda.

Satu orang peserta tidak diperbolehkan untuk berpartisipasi dalam lebih dari satu tim karena beberapa alasan, antara lain menghindari konflik kepentingan, dan menghindari persepsi kurangnya komitmen terhadap salah satu desain. Persepsi ini dapat timbul pada dewan juri jika ada peserta yang berpartisipasi lebih dari satu tim.


ATURAN PESERTA
Peserta dalam satu tim berjumlah 1 – 3 orang.

Peserta kategori ‘Pelajar’ melampirkan KTP dan/atau Kartu Pelajar yang masih berlaku ataupun Surat Keterangan dari Sekolah di formulir pendaftaran.

Peserta kategori ‘Mahasiswa/Umum’ diharuskan melampirkan Karu Mahasiswa yang masih berlaku dan/atau KTP di formulir pendaftaran

Setidaknya satu anggota tim harus hadir pada saat babak final. Ketidakhadiran akan mengakibatkan diskualifikasi.

Peserta harus menghadiri Lokakarya Makanan/Minuman Olahan dan Kulinari Khas Indonesia diadakan saat Konvensi PPKI 2010.

Peserta diharuskan hadir tepat waktu dalam semua kegiatan.

ATURAN KONTES - Kontes Desain Kemasan dan Merek Makanan/Minuman Olahan Khas Indonesia

BIAYA KONTES

* Tidak ada biaya pendaftaran.
* Apabila terpilih sebagai tim finalis, maka peserta menanggung sendiri biaya perjalanan dan akomodasi selama kegiatan penjurian.


TATA CARA PENDAFTARAN

* Peserta harus menepati semua tenggat waktu yang telah ditetapkan.
* Peserta yang memberikan data yang tidak benar akan didiskualifikasi.
* Juri berhak untuk mendiskualifikasi peserta.


ATURAN DESAIN

Dokumen yang diserahkan ke Panitia harus berupa gambar kemasan produk dan dokumen yang menjelaskan konsep desain. Peserta dilarang untuk menggunakan desain logo pihak ketiga (clipart, gambar di internet, gambar milik pihak lain) dikarenakan beberapa hal, yaitu:

* Sebagian besar gambar yang sudah dipublikasikan memiliki kekuatan hukum yang mencegah desainer lain untuk menggunakannya secara bebas.
* Peserta yang menggunakan gambar orang lain tanpa izin akan dikenakan konsekuensi hukum sesuai dengan aturan yang berlaku.


Persyaratan yang harus dipenuhi dalam kontes ini adalah:

* Desain harus merupakan karya asli, bukan jiplakan atau contekan.
* Desain juga harus dapat diaplikasikan dengan mudah secara teknis ke kemasan produk dan berbagai media promosi produk baik 2 dimensi maupun 3 dimensi.
* Desain belum pernah dipublikasikan dan/atau disayembarakan.
* Desain yang dikirim menjadi milik Panitia.
* Juri berhak melakukan perubahan pada desain apabila diperlukan dan peserta wajib melakukan revisi perubahan.


Dokumen yang diserahkan ke panitia harus memenuhi persyaratan minimum sebagai berikut:

Dokumen 1 (Gambar Desain Kemasan dan Merek)

* Desain harus dibuat dalam format vektor. Format vektor dapat dibuat dengan bantuan Adobe Illustrator, Corel Draw, Macromedia Freehand, dan Macromedia Flash. Adobe Photoshop dapat menjadi pilihan akan tetapi empat program sebelumnya lebih diutamakan.
* Desain tidak boleh dibuat dalam format raster atau bitmap karena akan mengurangi kualitas gambar bila diskala ulang. Yang termasuk dalam format raster adalah dokumen dengan .JPG, GIF, PNG, dan TIFF.
* Font yang digunakan harus diconvert menjadi path, curve, dan outline. Dalam Adobe Illustator, pilih teks yang akan menjadi outline lalu pilih Type > Create Outlines.
* Semua desain harus disimpan dalam format program asli (.AI, .PSD, .FLA, dan .FH).
* Desain kemasan dan merek masing-masing dicetak di atas 1 halaman kertas A4 dengan resolusi minimal 150 dpi.


Dokumen 2 (Konsep Desain Kemasan dan Merek)

* Konsep Desain Kemasan dan Merek dibuat dalam Microsoft Word dengan tipe tulisan (font) Calibri; besar huruf 12; 1,5 spasi; ukuran kertas A4 maksimal sebanyak 3 halaman.


Dokumen 3 (Identitas Peserta)

* Identitas yang harus disertakan adalah Curriculum Vitae dan copy atau scan KTP/KTM/Kartu Pelajar.


Dokumen 1,2, dan 3 harus diburn dalam CD dan harus disertakan hardcopynya.

TAHAPAN DAN TENGGAT WAKTU - Kontes Desain Kemasan dan Merek Makanan/Minuman Olahan Khas Indonesia

Kontes Desain Kemasan dan Merek Makanan/Minuman Olahan Khas Indonesia diadakan dalam 2 (dua) tahapan, yaitu Penyisihan dan Final.

Batas waktu memasukkan formulir pendaftaran dan konsep desain kemasan dan merek makanan/minuman olahan khas Indonesia untuk babak Penyisihan adalah pada hari Senin, 7 Juni 2010 melalui email ke konteskreatif@gmail.com. Pengumuman peserta yang lolos ke tahap akan dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2010.

Peserta yang terpilih masuk ke tahap Final (3 tim per kategori) akan diminta menghadiri Lokakarya Pengembangan Makanan/Minuman Olahan dan Kulinari Khas Indonesia dan acara puncak Kontes Desain Kemasan dan Merek Makanan/Minuman Olahan Khas Indonesia di Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 25 dan 26 Juni 2010. Finalis akan mempresentasikan konsep desain dan merek mereka di hadapan dewan juri dan pengunjung.

Keterangan lebih lanjut mengenai setiap tahapan kontes akan dibahas di posting berikutnya.

KERAHASIAAN - Kontes Desain Kemasan dan Merek Makanan/Minuman Olahan Khas Indonesia

KERAHASIAAN
Orang yang berhak untuk melihat desain kemasan yang diberikan ke panitia hanya tim juri yang diberi wewenang untuk melakukan penilaian. Tim juri terdiri dari para profesional yang secara reguler berhadapan dengan informasi rahasia dalam pekerjaan keseharian mereka. Tim juri harus memperlakukan desain yang masuk ke Panitia dengan perlakuan yang sama dengan dokumen yang sering mereka tangani. Juri harus mengundurkan diri apabila memiliki konflik kepentingan dalam kontes ini.

Peserta dapat menandai desainnya dengan kata "rahasia" untuk menjamin kerahasiaan informasi yang diinginkan dan dapat meminta kembali dokumen cetak yang diberikan kepada Panitia dan Juri setelah presentasi selesai.

TAHAP PENYISIHAN - Kontes Desain Kemasan dan Merek Makanan/Minuman Olahan Khas Indonesia

Pada babak penyisihan ini, peserta memasukkan formulir pendaftaran, konsep desain kemasan dan makanan/minuman olahan khas Indonesia singkat (maksimal 5 halaman, termasuk 1 halaman desain kemasan dan 1 halaman desain merek), identitas diri melalui surat elektronik (email) ke konteskreatif@gmail.com dan seluruh dokumen hardcopy dikirimkan ke:

PANITIA KONTES DESAIN KEMASAN DAN MEREK
KONVENSI PPKI 2010
a.n. PPIE BPEN
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Jln. M. I. Ridwan Rais No. 5
Jakarta Pusat 10110

PRODUK ACUAN PEMBUATAN DESAIN KEMASAN DAN MEREK (PILIH SALAH SATU)

A. Minuman Olahan Markisa


Spesifikasi:
1. Nama Produk: Pure Passion Fruit
2. Nama Perusahaan: Camar Indah Lestari
3. Ukuran Produk: Diameter bawah (5,6 cm) Tinggi (18,3 cm)
4. Berat Bersih Produk: 350 ml




B. Makanan Olahan Ikan


Spesifikasi:
1. Nama Produk: Snack Ikan Asin Bulu
2. Nama Produsen: Kelompok Usaha Marlin
3. Ukuran Produk: Panjang (14 cm), Lebar (7,4 cm), Tinggi (6,8 cm)



C. Makanan Olahan Kencur


Spesifikasi:
1. Nama Produk: Manisan Kencur
2. Nama Produsen: UD Andika
3. Ukuran Produk: Diameter (8 cm), Tinggi (8,2 cm)



PERSYARATAN KELENGKAPAN DOKUMEN PESERTA
Peserta diwajibkan mengisi dan melengkapi dokumen sebagai berikut:
Formulir Pendaftaran untuk mengikuti Kontes Desain Kemasan dan Merek Makanan/Minuman Olahan Khas Indonesia

Dokumen dikirimkan melalui surat elektronik (judul email 'Kontes Desain Kemasan dan Merek PPKI 2010') ke panitia dengan memenuhi persyaratan dan kelengkapan sebagai berikut:

Dokumen 1 (Gambar Desain Kemasan dan Merek)

* Desain harus dibuat dalam format vektor. Format vektor dapat dibuat dengan bantuan Adobe Illustrator, Corel Draw, Macromedia Freehand, dan Macromedia Flash. Adobe Photoshop dapat menjadi pilihan akan tetapi empat program sebelumnya lebih diutamakan.
* Desain tidak boleh dibuat dalam format raster atau bitmap karena akan mengurangi kualitas gambar bila diskala ulang. Yang termasuk dalam format raster adalah dokumen dengan .JPG, GIF, PNG, dan TIFF.
* Font yang digunakan harus diconvert menjadi path, curve, dan outline. Dalam Adobe Illustator, pilih teks yang akan menjadi outline lalu pilih Type > Create Outlines.
* Semua desain harus disimpan dalam format program asli (.AI, .PSD, .FLA, dan .FH).
* Desain dicetak di atas kertas A4 dengan resolusi minimal 150 dpi.


Dokumen 2 (Konsep Desain Kemasan dan Merek)

* Konsep Desain Kemasan dan Merek dibuat dalam Microsoft Word dengan tipe tulisan (font) Calibri; besar huruf 12; 1,5 spasi; ukuran kertas A4 maksimal sebanyak 3 halaman.

Dokumen 3 (Identitas Peserta)

* Identitas yang harus disertakan adalah Curriculum Vitae dan copy atau scan KTP/SIM/KTM/Kartu Pelajar.



TENGGAT WAKTU
Batas pengumpulan seluruh dokumen Senin, 7 Juni 2010 pukul 16.00 WIB melalui surat elektronik (email)ke konteskreatif@gmail.com dan dokumen hardcopy dikirim langsung ke:

PANITIA KONTES DESAIN KEMASAN DAN MEREK
KONVENSI PPKI 2010
a.n. PPIE BPEN
Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Jln. M. I. Ridwan Rais No. 5
Jakarta Pusat 10110

KRITERIA PENILAIAN

Kriteria seleksi babak penyisihan meliputi:

* Inovasi ide.
* Kejelasan penyampaian ide.


JADWAL KEGIATAN
Senin, 7 Juni 2010, 16.00
Batas Waktu Pendaftaran dan Pemasukan Desain

Jumat, 18 Juni 2010
Pengumuman di website serta melalui telepon kepada tim yang lolos.


TAHAP FINAL - Kontes Desain Kemasan dan Merek Makanan/Minuman Olahan Khas Indonesia

Pada babak final, tim peserta terpilih akan diminta untuk menyempurnakan desain kemasan dan merek makanan/minuman olahan khas Indonesia dan membuat file presentasi yang akan dipresentasikan di depan publik dan juri di hari konvensi selama total 30 menit.

PERSYARATAN KELENGKAPAN DOKUMEN PESERTA
Finalis diminta menghadiri lokakarya Pengembangan Makanan/Minuman Olahan dan Kulinari Khas Indonesia saat konvensi dan juga menyerahkan dokumen berupa:

* Mook-up desain kemasan dan merek
* File presentasi


Dokumen yang diserahkan harus mengikuti persyaratan berikut:

1. Mook-up desain kemasan dan merek diserahkan sesuai dengan ukuran dan warna asli desain kemasan dan merek yang diserahkan saat pendaftaran. Sampel kemasan dan merek dalam bentuk 3 dimensi harus dibawa saat presentasi.

2. File presentasi

* Dokumen presentasi harus dalam format Microsoft Powerpoint atau flash player.
* Dokumen presentasi boleh menggunakan tema dan warna apapun tetapi substansi harus dapat terbaca saat dokumen dicetak hitam putih.
* Dokumen presentasi harus termasuk judul yang memuat nama tim dan nama anggota tim.
* Jika dokumen presentasi dibuat dengan Microsoft Powerpoint, maka dokumen presentasi tersebut harus menggunakan slide ukuran standar (default) dan dokumen presentasi yang diberikan ke juri akan dicetak berwarna, 2 slide per halaman.

Peserta juga diharapkan untuk dapat membawa setidaknya 5 orang pendukung/suporter tim saat presentasi final.


TENGGAT WAKTU
Batas pengumpulan file presentasi adalah pada hari Rabu, 23 Juni 2010 pukul 18.00 WIB melalui e-mail dengan alamat konteskreatif@gmail.com.


KRITERIA PENILAIAN
Waktu presentasi adalah selama 30 menit diikuti Tanya Jawab selama 30 menit, dengan termasuk waktu persiapan selama 5 menit. Total waktu presentasi adalah 60 menit.

Kriteria penilaian utama beserta bobotnya pada babak final ini adalah sebagai berikut:

* Inovasi dan Kreativitas (25%).
* Kemudahan pengaplikasian desain ke berbagai media kemasan dan media promosi (25%).
* Penyampaian Presentasi (20%).
* Materi Presentasi (15%).
* Kemampuan Menjawab Pertanyaan (15%).


JADWAL KEGIATAN
Pelaksanaan final kegiatan hari Sabtu, 26 Juni 2010 di Ruang Cendrawasih, Jakarta Convention Center.

HADIAH - Kontes Desain Kemasan dan Merek Makanan/Minuman Olahan Khas Indonesia

Hadiah yang disiapkan panitia untuk setiap kategori adalah:
Pemenang Pertama dari setiap kategori – Satu Unit Apple Macbook Pro (total 2 tim)

Selain itu, panitia juga akan memberikan penghargaan non-finansial berupa sertifikat kepada semua finalis dan juga sertifikat khusus bagi tim yang mendapatkan penghargaan di beberapa kategori, antara lain:

* Desain Terinovatif
* Desain Terekonomis
* Merek Terkomersil

FORMULIR PENDAFTARAN - Kontes Desain Kemasan dan Merek Makanan dan Minuman Olahan Khas Indonesia

Silakan email ke konteskreatif@gmail.com atau unduh disini untuk memperoleh formulir pendaftaran.