Jumat, 07 Mei 2010

TAHAP PENYISIHAN - Kontes Rencana Bisnis Kreatif

Pada babak penyisihan ini, peserta memasukkan formulir pendaftaran dan proposal rencana bisnis kreatif secara singkat (maksimal 2 halaman) melalui surat elektronik (email) ke konteskreatif@gmail.com.

PERSYARATAN KELENGKAPAN DOKUMEN PESERTA
Peserta diwajibkan mengisi dan melengkapi dokumen sebagai berikut:
Formulir Pendaftaran untuk mengikuti Kontes Rencana Bisnis Kreatif 2010, yang berisi data anggota dan juga template Rencana Bisnis Singkat, yang berisikan:
Deskripsi singkat mengenai produk/jasa kreatif yang ditawarkan
Tujuan dan alasan memilih produk/jasa bidang kreatif yang dimaksud
Metode dan Rencana Pemasaran
Perkiraan Kebutuhan SDM
Perkiraan Kebutuhan Modal (maksimal 50 juta) dan Proyeksi Keuntungan

Dokumen dikirimkan melalui surat elektronik (judul email 'Penyisihan Kontes Rencana Bisnis PPKI 2010') ke panitia dengan memenuhi persyaratan dan kelengkapan sebagai berikut:

FORMULIR PENDAFTARAN dalam bentuk Microsoft Word (doc) atau Adobe Acrobat (pdf) dengan ukuran file maksimal sebesar 500 KB. Simpan file dengan judul ‘Nama Ide Bisnis Anda – Formulir Pendaftaran'. Rencana bisnis Anda bisa juga dituliskan dalam formulir ini mengikuti template yang ada. Selain itu, Anda juga bisa membuat rencana bisnis pada file terpisah (maksimal 2 halaman) dengan ketentuan berikut.

RENCANA BISNIS SINGKAT dalam bentuk Microsoft Word (doc) atau Adobe Acrobat (pdf) dengan ukuran file maksimal sebesar 1 MB. Rencana bisnis dibuat dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar pada kertas ukuran A4, margin sedang, spasi 1, dan tipe huruf Arial 10 sebanyak maksimal 2 halaman. Simpan file dengan judul ‘Nama Ide Bisnis Anda – Rencana Bisnis Singkat'.


TENGGAT WAKTU
Batas pengumpulan seluruh dokumen Selasa, 30 Mei 2010 pukul 24.00 WIB melalui surat elektronik (email)ke konteskreatif@gmail.com.

KRITERIA PENILAIAN
Dalam babak penyisihan, kriteria yang harus dipenuhi adalah bahwa ide bisnis yang ditawarkan berkaitan dengan ke-14 subsektor Industri Kreatif di Indonesia (Fesyen; Pasar Seni dan Barang Antik; Permainan Interaktif; Film, Video, dan Fotografi; Kerajinan; Musik; Desain; Periklanan; Televisi dan Radio; Seni Pertunjukan; Riset dan Pengembangan; Layanan Komputer dan Piranti Lunak; Penerbitan dan Percetakan; Arsitektur) dan modal di bawah 50 juta Rupiah.

Kriteria penilaian utama beserta bobotnya sebagai berikut:
Inovasi Ide Produk/Jasa atau Creativity, sebesar 30%
Kejelasan Penyampaian Ide Bisnis atau Clarity, sebesar 50%, yang terdiri dari aspek:
o Deskripsi Produk/Jasa (15%)
o Metode Pemasaran (15%)
o Perkiraan Kebutuhan SDM (10%)
o Perkiraan Kebutuhan Modal dan Proyeksi Keuangan (10%)
Pemanfaatan kearifan budaya lokal Indonesia atau Culture, sebesar 20%

Selain itu, kriteria tambahan apabila ada penilaian yang sama antara dua atau lebih tim antara lain yang akan diutamakan adalah rencana bisnis yang belum mendapatkan modal sama sekali dan mempunyai kejelasan misi atau tujuan sosial.

Juri akan memilih 10 tim dari setiap kategori untuk masuk ke semifinal. Juri juga akan memilih 3 tim cadangan untuk setiap kategori, dimana tim tersebut akan dapat masuk tahap semifinal apabila ada tim yang mengundurkan diri. Oleh karena itu, tim tersebut juga diminta memasukkan rencana bisnis lengkap sebagaimana 10 semifinalis.

JADWAL KEGIATAN
Minggu, 30 Mei 2010, 24.00
Batas Waktu Pendaftaran dan Pemasukan Rencana Bisnis.

Awal Juni 2010
Pengumuman Semifinalis di website, serta melalui telepon kepada tim yang lolos.

HADIAH
Belum ada hadiah di tahapan ini. Apabila ada rencana bisnis yang menarik, namun secara keseluruhan tidak memenuhi syarat, maka rencana bisnis ini bisa jadi dipertimbangkan untuk diajukan ke lembaga pembiayaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar