Jumat, 07 Mei 2010

TAHAP SEMIFINAL - Kontes Rencana Bisnis Kreatif

Pada babak semifinal, tim peserta terpilih (termasuk cadangan) akan diminta untuk memasukkan proposal rencana bisnis kreatif yang lebih lengkap (maksimal 8 halaman) melalui surat elektronik (email).

PERSYARATAN KELENGKAPAN DOKUMEN PESERTA
Peserta harus mengirimkan dokumen berupa Proposal Rencana Bisnis Lengkap dengan format sebagai berikut:
Pendahuluan (Executive Summary) berisi penjelasan singkat mengenai ide bisnis secara umum.
Analisis Produk/Jasa (Brand Analysis) berisi analisis pasar berdasar data riset konsumen, SWOT, dan segmentasi konsumen (STP).
Rencana Pemasaran (Marketing Plan) berisi analisis Marketing Mix dan Strategi Pemasaran.
Rencana SDM (People Plan) berisi analisis kebutuhan manusia dan struktur organisasi.
Rencana Keuangan berisi Perkiraan Modal (maksimal Rp 50.000.000,-), Proyeksi Keuangan 5 Tahun (Cash Flow), Analisis Resiko, Model Pembiayaan, dan Analisis Keuangan lain seperti Analisis Rugi-Laba (Income Statement), Neraca Keuangan, perhitungan ROI, BEP, dan lain-lain.
Rencana Pengembangan Produk (Product Development Plan).

Dokumen dikirimkan melalui surat elektronik (judul email ‘Semifinal Kontes Rencana Bisnis PPKI 2010’) ke panitia dengan memenuhi persyaratan dan kelengkapan sebagai berikut:
Proposal Rencana Bisnis Lengkap dikirimkan dalam bentuk Microsoft Word (doc) atau Adobe Acrobat (pdf) dengan ukuran file maksimal sebesar 1 MB. Simpan file dengan judul ‘Nama Ide Bisnis Anda’ – Semifinal Kontes Rencana Bisnis PPKI 2010. Proposal dibuat dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar pada kertas ukuran A4, margin sedang, spasi 1, dan tipe huruf Arial 10 sebanyak maksimal 8 halaman.
Curriculum Vitae dari masing-masing anggota tim (CV per orang maksimal 2 halaman). Simpan file dengan judul CV ‘Nama Anda’ – Semifinal Kontes Rencana Bisnis PPKI 2010.
Hasil scan dari Fotokopi KTP atau Surat Keterangan Pelajar/Mahasiswa dari sekolah/perguruan tinggi, khusus untuk kategori ‘Pelajar’ dan ‘Mahasiswa’. KTP ataupun surat keterangan bisa juga disampaikan melalui faximile apabila diinginkan. Simpan file dengan judul KTP ‘Nama Anda’ – Semifinal Kontes Rencana Bisnis PPKI 2010.


TENGGAT WAKTU
Batas pengumpulan seluruh dokumen adalah pada hari Sabtu, 12 Juni 2010 pukul 24.00 WIB melalui surat elektronik (email).


KRITERIA PENILAIAN
Kriteria penilaian utama beserta bobotnya pada babak semifinal ini adalah sebagai berikut:
•Inovasi Produk/Jasa dan Rencana Pengembangan Produk (20%)
•Inovasi dan Analisis Rencana Pemasaran (20%)
•Ketepatan dan Analisis Rencana SDM (20%)
•Ketepatan dan Analisis Rencana Keuangan (20%)
•Feasibility Rencana Bisnis (20%)

Kriteria tambahan apabila ada nilai yang sama adalah:
•Pemanfaatan kearifan budaya lokal Indonesia atau aspek Culture.


SISTEM PENJURIAN

Penjurian akan dilakukan dalam satu tahap, yaitu Tanya Jawab dengan Panel Juri di 5 Aspek Penilaian pada satu hari Penjurian. Tanya Jawab akan berlangsung selama 10 menit untuk setiap tim, dan setiap tim harus melewati kelima meja penjurian.


JADWAL KEGIATAN (tentatif)

Minggu, 13 Juni, 24.00 Batas Waktu Pengumpulan Rencana Bisnis Lengkap
Selasa, 15 Juni, 09.00 Penjurian Paralel (5 Meja) di Kementerian Perdagangan
Kamis, 17 Juni, 10.00 Pengumuman Finalis


HADIAH
Semifinalis yang tidak terpilih masih dimungkinkan mendapatkan kesempatan untuk memperoleh bantuan pinjaman dana dari lembaga keuangan yang bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan. Di samping itu, semifinalis pun diikutsertakan dalam pemilihan penghargaan khusus untuk Kategori Terbaik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar